Pembangunan Jalan Tol Padang - Sicincin Diduga Abaikan Spesifikasi Umum 2018
Connect with us

Berita hari ini

Pembangunan Jalan Tol Padang – Sicincin Diduga Abaikan Spesifikasi Umum 2018

Siber.News Padang Duku – Tujuan Presiden RI. Joko Widodo dalam penyelenggaraan pembangunan jalan tol dimaksudkan untuk mewujudkan pemerataan pembangunan dan memperoleh hasil yang baik dalam pelaksanaannya, serta keseimbangan dalam pengembangan wilayah, yang tentunya dengan memperhatikan keadilan, yang dapat dicapai dengan membina jaringan jalan yang baik dan benar. Selain itu dalam penyelenggaraan jalan tol bertujuan untuk meningkatkan efisiensi pelayanan jasa distribusi, guna menunjang peningkatan pertumbuhan ekonomi terutama di wilayah yang sudah tinggi tingkat perkembangannya.

Akan tetapi sangat disayangkan dalam paket pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin di duga dalam pelaksanaanya dikerjakan tidak sesuai dengan spesifikasi umum tentang ke Bina Margaan, bahkan kuat dugaan pelaksanaan pekerjakan tersebut mengabaikan kwalitas dan  kwantitas. Hal tersebut dikatakan Zainudin dari Lembaga Barak Sumatera saat ditemui media.

“Pasalnya menurut Zainudin pada pelaksanaan pekerjaan Jalan Tol Padang – Sicincin yang dikerjakan saat ini sepanjang 4 Km di lokasi Nagari Kasang, Berdasarkan pantauan Tim Barak Sumatera dilapangan kuat dugaan adanya indikasi penyimpangan dalam pelaksanaan pekerjaan. Selain itu dikerjakan tidak sesuai dengan spek, hal tersebut sangat terlihat pada pekerjaan dasar humus yang tidak dibuang, akan tetapi setelah di linkliring lansung dipasang giotekstil diatas tumpukan kayu yang berserakan. Sementara itu berdasarkan petunjuk teknis Bina Marga, seharusnya humus tersebut dibuang terlebih dahulu,setelah itu baru dilakukan penimbunan serta pemerataan dan pemadatan. Karena pekerjaan jalan tol harus memiliki dasar tanah yang keras serta mempunyai kwalitas dalam pekerjaan.

Sementara itu berdasarkan informasi yang kami terima, bahwa dana untuk pekerjaan Pengurugan dan Pemadatan Jalan Tol sudah di cairkan kepada Subkon yang seakan – akan, pekerjaan tersebut telah dilakukan dengan baik dan benar sesuai prosedur. Selanjutnya Zainudin mencoba mengkonfirmasikan dengan pihak Humas untuk meminta penjelasan. berikut petikan jawaban dari pihak humas jalan tol Padang – Sicincin Baik bang, setelah ambo pelajari data di kantor tentang apa-apa yang hendak di komfirmasikan, dapat jelaskan, bahwa; sekaitan tentang “petunjuk tekhnis Bina Marga tentang humus tersebut, Pihak HKI dalam hal sebagai Pelaksana Proyek Tol tidak pernah menerima/membuat perjanjian Kontrak dengan Subkon apabila material yang dibutuhkan tidak sesuai dengan Spesifikasi dan atau melanggar ketentuan perundang – undangan yang berlaku.

Berdasarkan informasi bahwa dana untuk pekerjaan tersebut sudah diterima, tentunya disini saya selaku Humas tidak mengetahui sejauh itu sebab, kewenangan pencairan dana atau pun sejenisnya itu merupakan Hak privasi perusahaan orang yang ikut dalam Subkon, artinya saya belum bisa memberikan Informasi tersebut. Dengan demikian apa-apa yang hendak bapak komfirmasi terkait hal di atas, maka untuk penjelasan tersebut demikian adanya.

Ditempat berbeda DJ.Deny Debus GMA Direktur Eksekutif DPP-Front Pemantau Kriminalitas saat dimintai komentarnya terkait pembangunan Jalan Tol Padang-Sicincin oleh media mengatakan, bahwa lembaganya akan menelusuri terlebih dahulu tentang kebenaran dari informasi tersebut. Jika memang ada indikasi penyimpangan yang mengarah pada perbuatan melawan hukum, maka lembaga FPK akan berkoordinasi serta akan melaporkanya ke Jamintel Kejagung RI, guna dilakukan proses penyidikan maupun penyelidikan ( Red)

Click to comment

Tinggalkan Balasan

Trending

Advertisement

Politik

Partner

banner-siber.news-bawah-berita
To Top