Kabupaten Lebak Rawan Bencana, Kapolda Banten Inspeksi Kesiapan Personel Gabungan Penanggulangan Bencana di Lebak.
Connect with us

Kabupaten Lebak Rawan Bencana, Kapolda Banten Inspeksi Kesiapan Personel Gabungan Penanggulangan Bencana di Lebak.

Kapolda Banten, Irjen Pol. Dr. Rudy Heriyanto Adi Nugoro, S.H., M.H. saat meninjau kesiapan personel gabungan penanggulangan bencana alam (PBA) Lebak, Jum'at (05/03/2021) Foto Dok : SiberNews

Berita hari ini

Kabupaten Lebak Rawan Bencana, Kapolda Banten Inspeksi Kesiapan Personel Gabungan Penanggulangan Bencana di Lebak.

Lebak, SiberNews | Saat ini, Cuaca buruk ditandai curah hujan tak menentu sering tiba-tiba terjadi di Kabupaten Lebak dan sekitarnya, hal ini sering menyebabkan timbulnya bencana alam di beberapa daerah di wilayah Kab. Lebak. Terakit hal itu, Kapolda Banten, Irjen Pol. Dr. Rudy Heriyanto Adi Nugoro, S.H., M.H. meninjau kesiapan personel gabungan penanggulangan bencana alam (PBA) Lebak di alun-alun Posko Pendopo Kabupaten Lebak, Rangkas Bitung, Jumat pagi (5/3/21).

Sekedar di ketahui, sebelum Kapolda Banten melakukan inspeksi, Para Personel PBA ini sebenarnya telah bersiaga di Pokso masing-masing sejak awal Januari 2021. Mereka datang dari TNI/ Batalion Cakra, Pengendalian Massa (Dalmas) Polres Lebak, Satpol PP, Tagana, Dishub, PMI, dan Dinas Kesehatan Lebak.

Dikatakan Kapolda Banten, inspeksi ini bertujuan untuk memastikan kesiagaan pasukan menghadapi kemungkinan bencana alam seperti banjir, longsor, dan genangan yang sering tak diuga-duga terjadi saat curah hujan tinggi.

“Saya minta, semua waspada dan jangan “under eatimate”, semua harus terintegrasi, buang ego sektoral, terlebih dalam kondisi cuaca tak menentu seperti sekarang ini. Penanggulangan bencana alam adalah tanggung jawab kita bersama,” kata Kapolda Banten, Irjen Rudy di sela-sela inspeksi nya di hadapan Pasukan PBA Lebak yang bekekuatan 90 orang personel.

Pantauan siber.news di lokasi, sa’at Kapolda melakukan inspeksi, tampak di sekitar personel PBA, sarana dan prasarana (sarpras) pendukung kesiagaan, antara lain kendaraan meriam air, alat komunikasi (alkom), tenda lapangan, lampu sorot, senter, perahu karet, pelampung, helm, pemotong kayu, dan cangkul, semua tak lepas dari inspeksi Irjen Rudy.

Saat melakukan inspeksi, Rudy didampingi pejabat utama Polda Banten antara lain Dansatbrimob Polda Banten, Kombes Pol. Dwiyanto Nugroho, S.I.K., Kabid Humas Kombes Pol. Edy Sumardi, S.I.K., M.H. Direktur dan Intelkam Kombes Pol. Suhanda C. Selain itu juga Wakil Bupati Lebak H. Ade Sumardi, Kapolres Lebak, dan Ade Mulyana, dan Komandan Kodim 0603/ Lebak Letkol Nur Wahyudi, S.I.P.

Menyusul perkataan Rudy, Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol. Edy Sumardi, S,I,K mengatakan kepada awak media, bahwa para personel PBA ini harus siap dalam kondisi apapun jika di perlukan untuk menangai daerah yang terkena bencana, “Mereka sewaktu-waktu siap dideploy ke daerah yang diperediksi rawan banjir, genangan air, dan longsor, walaupun tentu saja kita tidak berharap ada bencana. Ini kesiapan mengantisipasi sesuai arahan Kapolri dan kebijakan Kapolda,” Edy.

Masih kata Edy, bagwa lokasi-lokasi yang rawan akan bencana alam tersebut ada di beberapa titik Kecamatan di Kabupaten Lebak yaitu di sekitaran Kecamatan Cipanas, Kecamatan Lebak Gedong, dan Kecamatan Sajira. (Red)

Siber Hukum & Kriminal

Advertisement

Politik

Media Partner

GMAKS
To Top