Pengawasan Gas 3 Kg Bukan Wewenang Pemkot Cilegon
Connect with us

Pengawasan Gas 3 Kg Bukan Wewenang Pemkot Cilegon

Pengawasan Gas 3 Kg Bukan Wewenang Pemkot Cilegon

Berita hari ini

Pengawasan Gas 3 Kg Bukan Wewenang Pemkot Cilegon

Cilegon – Harga Gas yang melambung tinggi bagai mengurai benang kusut, fenomena yang terjadi ini hamper sama dibeberapa tempat sehingga diperlukan ketegasan pemerintah.

Ema Hermawati Kabid Perdagangan pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Cilegon kepada siber.news Kamis (10/6) diruang kerjanya mengatakan, pihaknya tidak bisa melakukan pengawasan langsung terhadap harga Gas 3 Kg yang meroket di Kota Cilegon.

Pasalnya, untuk pengawasan adalah wewenang mutlak ada pada pemerintah provinsi Banten pada Dinas Pertambangan Dan Energi sebagaimana telah diatur dalam UU. No. 23 tahun 2014 tentang pelimpahan wewenang dari pemerintah kota pada pemerintah provinsi Banten.

Pemkot Cilegon diakuinya tidak pernah melakukan atau mengusulkan untuk penambahan kuota sebab, jika ada penambahan kuota berarti jumlah masyarakat miskin bertambah, kata Ema Hermawati.

“kita selalu berkordinasi dalam hal ini dengan beberapa Dinas terutama Dinas Sosial yang berdasarkan data miskin tersebut di kota Cilegon ini menurun dari 10. 000 jiwa kini menurun di angka sekitar 6000 orang,” ujarnya.

Masih dikatakanya, terkait dengan harga Gas 3 kg yang melonjak pihaknya tidak bisa langsung mengawasi langsung pada masyarakat dikarenakan adanya pelimpahan wewenang tadi, tidak bisa kita pungkiri juga pada dasarnya HET yang dikeluarkan dalam SK. PERWAL Kota Cilegon No. 520/Kep.521 Disperindagkop/2014 itu telah ditentukan harganya sebesar Rp 15. 500 itu di pangkalan.

“ harga itu adalah harga pangkalan jadi masyarakat harus beli ke pangkalan, dan adapun warung warung kecil yang akan membeli ke pangkalan itupun jumlah tidak bisa banyak hanya dibolehkan membeli 5 tabung saja,”tegasnya.

Jadi lebih pasnya masyarakat harus beli dipangkalan jika ingin membeli seperti harga eceran tertinggi yang diatur pemerintah tadi. “ sempat muncul juga hingga laporan ada warga yang datang melapor sebab tidak bisa beli di pangkalan kami langsung tindak dan memanggil Agen yang bersangkutan sebab hal itu sudah melanggar ketentuan sejatinya pangkalan itu harus jual pada masyarakat,” katanya.

Adanya pembeli diluar masyarakat miskin yang sulit dihindari seperti banyaknya para pengusaha kuliner atau Hotel yang yang bukan kategori penerima subsidi pemerintah akan Gas ini masih banyak.

“kami telah berupaya bahkan pernah memanggil diantara mereka yang kedapatan menggunakan Gas subsidi untuk masyarakat miskin itu seperti beberapa pengusaha hotel dan kuliner tersebut, agar segera mengganti penggunaan Gas 3 kg menjadi Gas non subsidi jika tidak maka pihak kami akan melaporkan kepada pihak hukum,” ungkap Kabid Perdagangan.

 

Sejak menjabat sebagai Kabid Perdagangan dari tahun 2017, ia mengaku beberapa pengusaha yang menghadapnya untuk berusaha menambah kuota Gas 3kg itu, namun ia selalu menolak pasalnya secara realita masyarakat miskin dikota Cilegon menurun bukan bertambah, logikanya jika kuota masyarakat miskin berkurang mengapa para pengusaha Gas ingin menambah kuota Gas yang jelas masyarakat miskinnya sudah berkurang.

 

Menurut informasi pemerintah akan mencabut subsidi Gas 3 kg, ia menilai sangat efektif putusan itu sebab khawatir jika ini terus berlarut masyarakat miskin yang selalu dijadikan korban saja, pungkasnya.

 

Penegak PERWAL Alergi Wartawan

Berulangkali dihubungi melalui pesan WA milik Kasatpol PP kota Cilegon Juhadi M Syukur yang hendak dikonfirmasi terkait penegakan Perwal yang memang domainnya ada pada Polisi Pamong Praja ini, namun sepertinya enggan untuk memberikan komentarnya. Padahal sudah jelas sesuai dengan tugas pokok dan pungsinya sebagai penegak Peraturan Walikota itu.

Jika ada pelanggaran terhadap peraturan yang sudah digodog yang sudah menghabiskan anggaran daerah untuk membuat satu peraturan itu, namun apa yang terjadi malah tidak dijaganya, karena dengan adanya aturan atau Perwal itu supaya bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga kota Cilegon. (dd_siber)

 

Siber Hukum & Kriminal

To Top