Warga Desa Cikawung Tolak Pembukaan Lahan Baru Perhutani. Ini sebabnya
Connect with us

Warga Desa Cikawung Tolak Pembukaan Lahan Baru Perhutani. Ini sebabnya

Berita hari ini

Warga Desa Cikawung Tolak Pembukaan Lahan Baru Perhutani. Ini sebabnya

Warga Desa Cikawung Tolak Pembukaan Lahan Baru Perhutani. Ini sebabnya

Indramayu | Akibat perusakan hutan di wilayah Dusun Cijati Desa Cikawung Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu membuat sejumlah warga merasa resah. Hal tersebut dipicu lantaran penambang pasir yang di duga tak berizin menggali pasir namun tidak memperhatikan dampak lingkungan sekitar .

Menurut penuturan warga , setelah terjadi pengerukan pasir dalam sekala besar dan brutal , pihak penambang pasir begitu saja meninggalkan lubang besar menganga dan berpotensi menyebabkan longsor.

Tak hanya itu , jika perusakan hutan tersebut tidak ditangani secara serius, maka bencana banjir dan longsor di kawasan Dusun Cijati Desa Cikawung semakin sulit dikendalikan .

“Ancaman longsor dan banjir di wilayah Desa Cikawung tidak lepas dari rusaknya hutan yang sudah dikeruk pasirnya. Eksploitasi besar-besaran terhadap sumber daya alam sebagai penyebab utama dari bencarna alam longsor tahun lalu ” kata warga yang namanya enggan di sebutkan. Jumat 22 Januari 2021.

Sumber juga menyampaikan bahwa tambang -tambang pasir yang dilakukan setelah dilakuka n pengerukan pasir faktanya tidak memberi keuntungan bagi masyarakat sekitar, sebaliknya, warga hanya sebatas ketiban sial karena hanya dapat dampak dari kerusakan lingkungan seperti ancaman longsor dan banjir .

“ Masyarakat cuma dikasih banjir, longsor , debu jalanan, kekeringan. Kebun dan sawah menjadi rusak akibat longsor , mereka itu adalah perusak lingkungan,” ujarnya dengan dengan nada kesal .

Pengacara Andi Tatang Supriyadi S.E. S.H. MH.CPL diiminta menjadi kuasa hukum oleh sejumlah masyarakat di Dusun Cijati Desa Cikawung Kecamatan Terisi Kabupaten Indramayu . Kiprahnya dalam dunia hukum tak perlu diragukan lagi , sejumlah wilayah di Indonesia pernah di datangi , kini dirinya tertantang membela masyarakat di Kabupaten Indramayu.

” Kami mendapat aduan dari warga masyarakat bahwa ada rencana pembukaan lahan baru tanah milik pemerintah dalam hal ini Dinas Perhutani, warga sangat keberatan mengingat dampak lingkungan yang pastinya rusak akan lebih parah dari sebelum – sebelumnya ” kata Andi Tatang dengan nada singkat . (AK)

Advertisement

Politik

GMAKS

Media Partner

To Top