Hadapi Pandemi, P3LC Dorong Masyarakat Cisalak Menata Lingkungan
Connect with us

Hadapi Pandemi, P3LC Dorong Masyarakat Cisalak Menata Lingkungan

Nasional

Hadapi Pandemi, P3LC Dorong Masyarakat Cisalak Menata Lingkungan

Hadapi Pandemi, P3LC Dorong Masyarakat Cisalak Menata Lingkungan.

DEPOK – Dalam rangka melaksanakan karya nyata bagi masyarakat, Panguyuban Peduli Pembangunan Lingkungan Cisalak ( P3LC) , Kecamatan Sukmajaya melaksanakan pertemuan rapat untuk menjalankan program kerja tahun 2021.

Heri Zenal selaku Ketua menyampaikan bahwa organisasi kemasyarakatan ini aktif dalam kegiatan di lingkungan dan memiliki agenda.

“ Alhamdulilah , kami berkumpul disini dalam rangka merancang program kepemudaan di tahun 2021 ini, karna banyak hal yang menurut kami bisa dilakukan untuk mengembangkan potensi masyarakat dan membangun lingkungan di wilayah Cisalak ” kata Heri , kepada awak media . Selasa 14 September 2021.

Menurutnya, sejak berdiri pada tanggal 1 Desember 2019, Panguyuban Peduli Pembangunan Lingkungan Cisalak ini selalu aktif dalam kegiatan ditengah mayarakat, meskipun ditengah pandemi.

” Tujuan dari Panguyuban ini adalah mempersatukan elemen masyarakat untuk ikut peduli terhadap program pembangunan dilingkungan kelurahan Cisalak yang bertujuan memberdayakan sumber daya alam yang dampaknya bermanfaat bagi masyarakat setempat” kata dia.

Menurut aktivis lingkungan ini bahwa Panguyuban adalah ekspektasi dari warga yang ingin adanya perubahan dilingkungan dimana ia berada, warga tidak ingin dijadikan obyek dari sebuah perubahan tapi ingin juga dilibatkan sebagai pelaku, bukan menjadi penonton dikampung sendiri.

” Kami tidak memposisikan berlawanan dengan elemen yang ada di wilayah Cisalak , Justru Panguyuban ini didirikan sebagai alat perjuangan demi kesejahteraan warga dilingkungan kita” ucapnya.

Tak hanya itu, dirinya mengatakan lahir nya Panguyuban merupakan Essensi dari sebuah keberdayaan masyarakat di tengah- tengah keterbatasan pemerintah untuk mengelola sumber daya manusia dan sumber daya alam . Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri tanpa ada partisipasi dan keterlibatan dari masyarakat.

Panguyuban ini kata dia , bertujuan membangun visi dan misi demi tergeraknya warga masyarakat sekitar untuk berbuat dan bergerak mengimplentasikan aspirasinya yang selama ini diimpikan dan bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dilingkungan Cisalak.

” Warga butuh ruang untuk mengekpresikan aspirasinya dan warga butuh juga dilibatkan untuk berbuat terekonstruksi lingkungannya agar lebih baik dan tertata secara sistimatis serta tidak stagnan” ucapnya.

Disisi lain, lanjutnya banyak sumber daya alam dilingkungan Cisalak yang belum ditata secara baik, untuk itu Panguyuban ini akan bergerak mengelola lahan seperti Jalan Juanda , Situ Pengarengan dan rumah tua Cimanggis.

” Itu semua masuk dalam program kami, Intinya bagiamana Panguyuban ini bisa berdampak untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dilingkungan Cisalak” tutupnya dengan nada tegas. (Guh)

Siber Hukum & Kriminal

To Top