[metaslider id="20825"]Guna Tingkatkan Kemampuan Bidhumas Polda Banten Gelar Pelatihan
Connect with us

Guna Tingkatkan Kemampuan Bidhumas Polda Banten Gelar Pelatihan

POLRI

Guna Tingkatkan Kemampuan Bidhumas Polda Banten Gelar Pelatihan

Banten, siber.news – Guna meningkatkan kemampuan bagi personel Pejabat Pengelola Informasi dokumentasi (PPID) di lingkungan satuan kerja (Satker). Bidang Hubungan Masyarakat (Bidhumas) Kepolisian Daerah (Polda) Banten gelar pelatihan.

Pelatihan tersebut dipimpin langsung oleh Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga dan diikuti oleh personel PPID dari Satker di lingkungan Polda Banten. Kegiatan ini dilakukan di Ruang Media Center Bidhumas Polda Banten pada Jumat (24/06).

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga mengatakan pelatihan ini dilakukan guna meningkatkan kemampuan PPID satuan kerja di lingkungan Polda Banten.

Atas dasar Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik, Kapolda Banten menerbitkan surat keputusan Nomor 641 tanggal 31 Agustus 2021 bahwa PPID merupakan bagian dari humas kepolisian sehingga dalam rangka meningkatkan kemampuan personel PPID di lingkungan satuan kerja Polda Banten, “kami Bidhumas Polda Banten menggelar pelatihan tentang bagaimana melakukan pengelolaan informasi dan dokumentasi yang baik dan benar, sehingga diharapkan melalui pelatihan ini dapat memberikan informasi yang layak agar kami Bidhumas Polda Banten dapat mengaplifikasi ke media mitra Polda Banten,” ucap Shinto.

Dalam pelatihan kali ini Shinto menjelaskan, tata cara PPID untuk bisa membuat berita dan konten berupa video dan meme yang baik dan benar.

Guna Tingkatkan Kemampuan Bidhumas Polda Banten Gelar Pelatihan

“Semua kegiatan positif kasatker supaya dinaikkan kedalam rilis. Dalam pembuatan video, meme, dan berita harus berpedoman dengan 5W+1H yaitu who, what, when, where, why dan how,,” ujar Shinto.

Peserta pelatihan juga diperlihatkan berbagai konten kreatif berupa video dan meme yang dibuat oleh personel Bidhumas Polda Banten.

“Berikut adalah hasil karya personel Bidhumas Polda Banten dan untuk konten yang dibuat oleh rekan-rekan PPID akan menjadi bahan untuk kita membuat video dan meme lalu kita amplifikasi ke media sosial Bidhumas Polda Banten dan jajaran,” kata Shinto

Dalam kegiatan itu, turut hadir pemateri dari Elshinta Tv yang memberikan materi tentang Mobile Jurnalisme (Video Jurnalistik Dengan Gadget) dengan pembagian materi yang berbeda – beda antara lain Yan Rahmat terkait teknik video liputan, Rahmat sinyo terkait editing, Sukron terkait pengumpulan data di lapangan.

Terkait hal itu, Yan Rahmat menjelaskan, terdapat beberapa cara yang harus diperhatikan dalam membuat video liputan, “Dalam membuat video liputan terdapat beberapa teknik teknik dasar yang pertama adalah Close Shot ialah efek yang kuat dari gambar, kedua ialah Midle Shot adalah efek yang didapat diantara kedua sifat antara Close Up dengan Long Shot, ketiga yaitu Long Shot artinya dapat memberikan informasi arah atau tujuan dari pergerakan yang terjadi, dan masih banyak lagi teknik dalam pengambilan video liputan,” kata Rahmat.

Rahmat Sinyo mengatakan ada berbagai cara untuk editing video, “Dalam editing video ada beberapa teknik, pertama Trimming adalah proses menghilangkan suatu bagian, kedua Cut memiliki fungsi memotong beberapa bagian, ketiga Split berfungsi memecah beberapa bagian pada video, keempat Cross-Fades peralihan bagian secara perlahan, kelima ialah Join berfungsi untuk menggabungkan dua video, dan keenam adalah Montage digunakan untuk menunjukkan berlalunya waktu atau perkembangan suatu Storyline,” jelas Sinyo.

Sukron menjelaskan bagaimana cara pengumpulan data dilapangan atau Reportase, “Dalam pengumpulan data dilapangan terdapat beberapa teknik yang pertama ialah Wawancara yang merupakan bentuk hal wajib dalam peliputan, kedua adalah Observasi ialah mendatangi langsung tempat kejadian, ketiga yaitu Riset yaitu pengumpulan data, fakta, atau bahan berita melalui arsip dan dokumen lainnya,” tutur Sukron.

Terakhir Kabid Humas mengajak PPID untuk terus bisa merangkum kegiatan positif Kepolisian di Satker masing-masing demi nama baik Polda Banten.

“Mari kita berlomba-lomba sajikan informasi ke masyarakat jika kegiatan kepolisian adalah kegiatan positif dengan cara kita angkat dengan berita di masing-masing Satker PPID,” tutup Shinto. (Didisiber/Bidhumas)

Klik Disini
Advertisement
Baca juga...

Siber Hukum & Kriminal

To Top
Kirim Pesan
Terimakasih Atas Informasinya, Kami akan menjaga identitas pemberi informasi